Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cepat Mengganti Kata yang Salah di Ms Word

Tips Cepat Mengganti Kata yang Salah di Ms Word

Pasti sebagian besar orang sudah tidak asing dengan Microsoft Word, apa itu Microsoft Word?
"Ya Ms Word merupakan perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft".

Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989).

Diberi nama Microsoft Office Word, setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007, Di Office 2013Namanya cukup dinamakan Word.

Tips Cepat Mengganti Kata yang Salah di Ms Word


Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat populer saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, excel, power point, microsoft office publisher, microsoft office access dan lain sebagainya.

Tetapi dari sekian banyak paket yang ditawarkan, microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point.

Dari tahun ke tahun Microsoft word mengalami banyak perkembangan mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013.

Microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan dengan adanya perkembangan tersebut, Ms word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen.

Nah sebelum kita bahas bagaimana cara cepat mengganti kata yang salah di Ms Word, kita simak dulu nih bagi para penggunanya sudah tau fasilitas dan dan manfaat dari program yang setiap hari kita gunakan?
"Nah ini dia berbagai Fasilitas dan Manfaat dari Ms Word".

Berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD

1. Jenis huruf

Sebaiknyatentukan dulu default font yang akan akan digunakan supaya dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”,. (Menu Home+ Font)

2. Pembuatan Numbering

Pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka) dan sejenisnya biasanya mengacu kepada peraturan tertentu. Oleh karena itu harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan aturan pembuatan suatu dokumen dalam Word.

3. Pembuatan Outline

Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline).

Hal tersebutakan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen, Biasanya pembuatan bentuk outline minimal sampai dengan level 3, ada kalanya pada saat perpindahan dari setiap level pembuatan outline, kita diharuskan untuk mengubah list level.

4. Pemakaian Break Section

Untuk setiap pergantian jenis halaman diberikan break section ( Menu Page Layout +Break +Next Page).

Suatu dokumen biasanya terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis i, ii, iii atau Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3”).

5. Penomoran Halaman

Penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section, seperti yang telah disebut pada poin.

4. Di setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki.

Contoh:
( Menu insert » Page Number »Format Page Number » Page numbering » start at »pilih letak penomoranpada bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu disesuaikan.

6. Pembuatan Daftar Tabel

Usahakan Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar dengan memilih Menu References » insert Caption»pada option pilih label yang diinginkan »hilangkan tanda centang pada exclude label from caption.

Berbeda lagi untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references » insert table of figures maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis.

Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

7. Pembuatan Daftar Isi

Pengguna Ms Word pasti sudah tidak asing dengan pembuatan daftar isi secara otomatis, yaitu dengan memilih references + table of contents, apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel).

8. Editing dengan Document Map

Sudah tau apa itu document map?
"fasilitas document map dilakukan agar editing dapatdilakukan cepat dengan memilih Menu View » document map.

Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat), namun untuk word terbaru biasanya menggunakan menu view kemudian terdapat pilihan navigation pane.

Manfaat Microsoft word

Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:

1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dengan microsoft word dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan

Manfaat kedua, kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan. kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik satu per satu surat yang akan dicetak.

3. Menghemat Kertas dan Biaya.

Manfaat yang ketiga ini biasanya sangat sering diterapkan dalam dunia penidikan masa kini. Kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive, sehingga dapat menghemat biaya operasional atau pengeluaran.

Itulah berbagai Fasilitas dan Manfaat dari Ms Word yang kita gunakan sehari-hari, selanjutnya bagaimana sih cara mengganti kata yang salah dengan cepat?

"Sehingga otoamtis kita tidak perlu mengganti satu per satu karena pasti melelahkan".

Cara Mengganti Banyak Kata Salah Pada Ms Word dengan Cepat

Saat kita akan mencetak tulisan dalam Word,Kesalahan penulisan dokumen di Microsoft word biasanya baru diketahui. Pastinya tulisan yang salah tadi akan kita koreksi, kata per kata.

Ketika kita menemukan banyak kata yang salah ketik, pastinya akan repot jika harus melakukan edit tulisan satu per satu.

Jari anda pasti akan pegal-pegal jika harus mengedit tulisan salah secara manual. Nah, dalam ms word terdapat fitur "replace" untuk mengatasi masalah ini.

1. Dari tab Home, klik perintah Replace. Kalian juga dapat menekan Ctrl + H pada keyboard Anda.
2. Kotak dialog Find dan Replace akan muncul.
3. Ketik teks yang ingin Anda temukan pada bidang Find what:
4. Ketik teks yang ingin Anda ganti dengan di kotak Replace. Kemudian klik Find Next.
5. Word akan menemukan contoh pertama dari teks dan menyorot berwarna abu-abu.
6. Tinjau teks untuk memastikan Anda ingin menggantinya.
Misal teks-nya adalah bagian dari judul paper dan tidak perlu diganti. Kami akan klik Find Next lagi untuk melompat ke hasil penemuan berikutnya.
7. Jika kalian ingin menggantinya, kalian dapat klik Replace untuk mengubah setiap teks. Untuk mengganti setiap hasil penemuan teks di seluruh dokumen, kaliandapat mengklik Replace All maka semua kata yang dituju akan berubah.
8. Teks akan diganti secara otomatis sesuai keinginan anda.
9. Setelah selesai, klik Close atau Cancel untuk menutup kotak dialog.

Mudah bukan mengganti kata yang salah dengan cepat?

"Nah masih banyak fitur di ms word yang belum kita pelajari dengan baik. Kunjungi terus blog kami selanjutnya ya".

Semoga dapat membantu dan berguna bagi kita semua.

Isi kolom komentar jika anda memiliki pertanyaan atau pengalaman untuk dibagikan, sehingga kita bisa berbagi ilmu bersama.

Posting Komentar untuk "Tips Cepat Mengganti Kata yang Salah di Ms Word"