Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Platform Saat Memulai Ngeblog

Tips Memilih Platform Saat Memulai Ngeblog
Tahap Yang kedua Yaitu Menentukan JenisPlatform Blog Yang Mudah

Nah mari kita lanjut ke tahap berikutnya, mungkin di tahap ini kalian harus berpikir lebih baik lagi seperti apa nantinya blog kalian, apakah kalian akan menggunakan platform yang mudah atau platform yang sudah benar-benar bisa digunakan untuk berbisnis kedepannya.

Banyak pilihan jenis Platform blog yang bisa kalian pilih guna mengembangkan blog kalian nantinya.

Disini salah satu yang akan kita bahas yaitu paltform dari milik Google sendiri, apalagi kalau bukan Platform Blogspot.

Banyak blogger pemula yang selalu terombang ambing dengan perkataan banyak orang yang sudah sukses, banyak yang berkata menggunakan blogger itu lebih mudah di bandingkan menggunakan Platform lain, ada yang berkata juga bahwa Blogger itu lebih cepat di Bloked oleh Google jika ada sesuatu yang salah.

Nah mari kita bahas sebenarnya apa saja sih kelebihan dan juga kekurangan dari setiap Platform sehingga kalian bisa memilih mana Platform yang lebih bagus dan mudah untuk digunakan untuk menjalankan aktivitas ngeblog kalian kedepannya.

Platform Blogger
Platform blogger merupakan jenis platform yang di kembangkan oleh Google sendiri dan gratis untuk di akses semua orang yang sudah mempunyai akun Gmail.

Akun Blogger ini merupakan jenis Platform yang mudah sekali untuk di gunakan bahkan untuk para pengguna awam sekalipun.

Banyak tips di internet bagaimana cara penggunaan dari Platfrom satu ini.Untuk itu kita lihat terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangan dari jenis Platform milik Google.

Kelebihan Platfrom Blogger :

Mudah untuk digunakan semua umur, untuk pendaftarannya sendiri hanya memerlukan Akun gmail yang bisa dibuat dengan gratis.

Kemudian dengan menggunakan Platfrom ini kalian para blogger pemula akan lebih mudah menjalankan aktivitas blogger.

Bisa digunakan untuk menghasilkan uang, platfrom ini bekerjasama langsung dengan Google adsense sehingga memberikan kesempatan kepada kalian yang hendak ingin menghasilkan uang dengan mudah.

Namun juga ada beberapa persyaratan yang harus kalian patuhi terlebih dahulu jika ingin menghasilkan uang dari paltform satu ini.

Banyak sekali pilihan tema atau template yang bisa kalian gunakan, kalian juga bisa melakukan custom template sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Tentunya itu lebih mudah dan membuat kalian lebih bersemangat dalam membangun blog baru.

Bisa di custom menggunakan domain TLD, bagi kalian yang sama sekali belum paham dengan apa itu domain TLD ( merupakan jenis Domain Kusus yang di beli di berbagai server penyedia domain, ini lebih profesional dan tentunya lebih baik lagi )

Server milik Google sendiri sehingga tidak akan pernah Down

Banyak Fitur baru yang diberikan oleh Google di dalam Blogger, misalnya saja fitur HTTPS yang saat ini sudah support di Blogger.

Fungsinya tentu saja untuk keamanan blog kalin dari gangguan Virus maupun gangguan dari tangan orang jahil

Kemudian kekurangan dari jenis Platfrom Blogspot :

Keterbatasan peraturan yang mana kalian harus bisa mengikuti peraturan yang diberikan oleh Google, jika tidak maka mudah sekali banned masal untuk semua jenis Blog.

Biasanya peraturan yang sering di langgar para blogger yaitu ( Artikel atau konten Plagiat, Kemudian artikel yang mengandung Unsur sara, blog mengandung Virus, dan lain-lainnya)

Lebih lama terindeks mesin pencari, paling cepat sekitar 5 harian sudah mulai terindeks.

Nah itulah sedikit beberapa ulasan mengenai kelebihan dan juga kekurangan jika kalian menggunakan Platfrom jenis blogger.

Tentu saja kalian lebih mudah dalam penggunaannya namun peraturannya juga sangat ketat walaupun Google tidak memberikan secara langsung tapi kalian bisa melihat banyak sekali blog dari Blogger yang di banned masal karena beberapa urusan Konten yang masih kurang memadai dan juga tidak sesuai dengan apa yang di inginkan Google.

Lanjut Ke Platform Wordpress.com
Kemudian yang kedua kita lanjut ke jenis Platform Wordpress, kalau kalau kalian ingin tahu bahwa jenis Platform Wordpress ini di bagi menjadi 2 yang pasti wordpress.com.

Dan juga wordpress.Org yang mana kedua jenis platform berbeda nama dan juga berbeda kelebihan maupun kekurangannya sendiri.

Untuk ini kita bahas terlebih dahulu mengenai Wordpress.com.

Kelebihan yang harus kalian ketahui terlebih dahulu bahwa jenis Platform satu ini hanya sebenarnya untuk belajar saja terlebih kalian yang ingin belajar dalam dunia Blogging.

Ini merupakan jenis Platform Awal yang cocok untuk kalian gunakan kalau kalian hanya sekedar ingin berbagi Informasi mengenai dunia Kalian.

Bebarapa kelebihan dari wordpress.com :

Mudah untuk digunakan, hampir sama persis dengan menggunakan Blogger yaitu kalian hanya perlu mendaftar menjadi member dan tinggal kalian buat blog kalian dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Lengkap dengan berbagai Fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan dan mengembangkan blog kalian di mesin pencari.

Banyak pilihan tema yang bisa kalian gunakan, terlebih tema default bawaan dari wordpress yang super keren-keren.

Jarang down untuk masalah servernya sendiri.

Anda bisa memasang iklan dari wordpress seperti Adsense namun ada syaratnya terlebih dahulu, yaitu blog anda harus sudah populer, itungan jumlah trafiknya tentu akan di hitung sesuai dengan peraturan yang sudah ada.

Kekurangan dari platfrom Wordpress.com sendiri :

Tidak bisa di pasang iklan adsense maupun dengan iklan lainnya, jika ingin di pasang kalian harus membayar terlebih dahulu.

Tapi kalian bisa dimemilih secara manual untuk memasang atau menyedaikan slot iklan secara manual.

Tidak bisa di custom domain, kecuali kalau anda menggunakan wordpress.org

Nah itulah sedikit ulasan mengenai wordpress.com yang merupakan jenis platform ngeblog yang bisa dibilang gratis untuk digunakan namun untuk kekurangannya sendiri memang sangat memakan waktu kalau ingin membuatnya lebih berhasil lagi.

Sedikit perbedaan dari blogger sih, tapi kalau kalian yakin memilih wordpress.com silahkan di pilih, namun kalau mau menggunakan blogspot yah juga bisa.

Sesuaikan dengan minat kalian.
Nah lantas apa perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org sendiri ?

"Tentu saja ada perbedaanya. Kalau Wordpress.com tadi lebih sifatnya gratis dan cocok untuk para pemula.

Namun untuk wordpress.Org atau biasanya di sebut dengan wordpress VIP ini lebih ke pengguna yang sudah berpengalaman dan tentu saja sudah senior di dunia Blogging sendiri.

Dan tentunya Fitur yang diberikan memang sangat cocok untuk berbisnis secara personal maupun secara perusahaan juga.

Banyak kebutuha yang harus di siapkan kalau kalian ingin menggunakan wordpress.org ini tak lain lagi yaitu domain dan juga Hosting yang nantinya seperti rumah untuk kalian.

Yuk kita lihat terlebih dahulu kelebihan dari menggunakan wordpress.org :

Merupakan jenis Platform VIP dari wordpress yang bisa kalian gunakan untuk berbisnis, maupun hany sekedar untuk berbagi informasi di internet.

Tentu saja ini begitu menguntungkan untuk semua blogger yang menggunakan wordpress.org.

Banyak Fitur yang bisa kalian gunakan, dan kalian lebih mudah memberikan ijin kepada orang lain untuk masuk ke website kalian kemudian menulis artikel.

Ini kelebihan dari wordpress.org yang harus kalian ketahui.

Wordpress self hosted ini merupakan rumah untuk para blogger yang mana sama sekali tidak terikat dengan server Milik wordpress langsung, dan hanya anda yang mempunyainya.

Artinya anda yang memegang penuh dan mengendalikan Blog milik anda sendiri.

Cocok untuk berbisnis.

Kekurangan menggunakan wordpress.org :

Terlalu banyak biaya yang harus di keluarkan untuk pertahunnya sendiri terlebih harus menggunakan hosting yang begitu mahal.

Tentu saja dana yang harus di keluarkan juga tidak sedikit jumlahnya.

Kemudian sedikit rawan blokir, biasanya banyak blogger yang mengalami hal ini di karenakan berbagai aspek seperti faktor virus internet, kemudian ganguan dari tangan hacker, dan juga dari beberapa faktor lainnya yang kurang di ketahui.

Kalau server penyedia domain Down maka blog juga akan down.

Tidak semua penyedia domain memiliki servers yang kuat sehingga bisa saja cepat lambatnya mempengaruhi loading blog.

Sulit untuk digunakan dan perlu pembelajaran tingat lanjut jika ingin menjadi seorang blogger sukses

Nah itulah beberapa kelebihan dan juga beberapa kekurangan dari platform yang paling sering digunakan para blogger untuk membuat sebuah blog atau website yang menurut mereka lebih mudah untuk digunakan dan juga lebih mudah untuk di operasikan.

Bagaimana menurut kalian, apakah kalian lebih memilih menggunakan blogger dari Google, atau wordpress.com atau juga bisa wordpress.org ?

"Semuanya tergantung dari diri anda sendiri mana yang lebih mudah untuk digunakan dan mana yang lebih mudah untuk optimasinya sendiri.

Kalau kalian masih pemula lebih baik gunakan blogspot atau juga bisa wordpress.com karena lebih simpel dan pengoperasiannya sangat mudah.

Sebenarnya masih banyak sekali platform blog yang belum bisa saya sebutkan, misalnya seperti Joomla, Tumblr dan masih banyak lagi.

Hanya saja saya mengambil yang paling sering digunakan para blogger untuk menjalankan aktivitas blogging di dunia nyata.
Kalau dilihat dari presentase yang ada, ternyata wordpress paling banyak digunakan dalam dunia blogging, terlihat dari beberapa data presentase di bawah ini.
( sumber :  http://trends.builtwith.com/cms)

Kita bisa melihat bahwa banyak sekali para blogger dan juga pebisnis yang lebih suka menggunakan platform Wordpress untuk membuat sebuah blog atau website di karenakan fiturnya dan juga tampilannya yang lebih baik di banding menggunakan Blogger.

Kemudian di susul dengan Joomla, yang mana Joomla sendiri merupakan website yang berbasis dengan penggunaan CMS sehingga cocok untuk Web Developer dan CSS Java Android developer dan di susul dengan Drubal lalu yang terakhir yaitu Blogger sendiri.

Yang mana sangat mudah digunakan.

Beberapa Mitos yang sering keluar dari para pengguna berbagai jenis Platform :

Mitos bahwa penggunaan wordpress.org itu sulit, karena harus berurusan dengan kode PHP, dan lain-lain. Padahal kalian tidak perlu menyentuh sedikit pun penggunaan kode seperti itu.

Mitos bahwa server wordpress lebih sering down di banding blogger, itu hanya presepsi dari sekian banyak blogger yang belum pernah mencoba menggunakan wordpress.

Hanya pengguna wordpress yang lebih sering sukses, kalau kalian blogger yang mau konsisten dan tetap sabar dalam menggarap sesuatu saya yakin anda juga akan berhasil dengan baik.

Semuanya terserah kepada anda mau menggunakan yang mana, intinya yang lebih mudah bisa anda gunakan. Jangan mempersulit diri karena bingung memilih platform yang tepat.

Baca Juga: Tips Mempromosikan Konten Untuk Meningkatan Pengunjung Blog

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Platform Saat Memulai Ngeblog"